Ketika Harus Memilih Blogspot VS Wordpress

Dicoret Oleh SeksiHot on Sabtu, 05 Maret 2011

Ketika Harus Memilih Blogspot VS Wordpress. Judulnya seperti lagu saja ketika harus memilih antara Blogspot atau Wordpress, hehe. Konflik dalam memilih engine blog memang selalu hadir disetiap para newbie, apalagi bagi yang ingin membuat blognya kuat dalam hal SEO dan kebanjiran traffic.

Hal tersebut saya bilang cukup wajar saja, karena sayapun begitu memulai untuk belajar ngeblog cukup bingung membuat blog memakai engine apa, blogspot atau wordpress. Dari keduanya masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya, namun bagi saya blogspot untuk SEO 2011 ini masih cukup tertinggal jauh dari wordpress, aneh padahal sama-sama kita ketahui bahwa engine blogger merupakan anak buah google.

engine-blogger-vs-wordpress

Walau sudah ada perbaikan dalam beberapa sisi dalam blogspot, namun perkembangannya belum cukup significant, belum ada perombakan besar yang berarti terutama bagi penggila SEO Blogspot. Padahal persaingan ketat di search engine cukup menggila untuk tahun 2011 ini.

Studi Kelemahan dan Kelebihan Wordpress dan Blogspot


Blogspot memang merupakan sebuah engine blog yang mudah untuk digunakan, tidak memerlukan untuk menginstall plugins ini dan itu, tidak seperti wordpress yang harus mencari tahu plugins apa saja yang harus di install untuk membuat blog kita search engine friendly.

Namun hal tersebut juga menjadi salah satu kelemahan blogspot, kostumisasi menjadi agak sukar atau terlebih cukup sulit untuk para pengguna newbie. Setidaknya kita harus sedikit mengerti tentang pengkodean dalam hal ini berbau HTML.

Misal dalam kasus menambahkan meta tag kedalam engine blog, pada blogspot kita harus melakukan secara manual dan harus mencari tahu diletakkan dimana kode tersebut.

Pada wordpress terutama yang self hosting kita tidak perlu mencari tahu harus diletakkan dimana, sudah banyak plugins SEO untuk menerapkan meta tag secara otomatis.

Pengkodean themes pun cukup berbeda, dalam wordpress(self hosting) kita diberikan akses untuk merubah secara penuh baik tampilan maupun pengkodean TAG untuk blog. Sebenarnya blogspot pun bisa, namun kita tidak diberi akses penuh oleh layanan blogger ini, kasus dalam pengkodean TAG H1, H2 dll.

Namun selain kelebihan tersebut, wordpress cukup mempunyai kelemahan yaitu dalam sisi hosting, ini penting bagi para calon blogger yang ingin mengejar traffic dengan skala besar. Jika kita mempunyai uang lebih bisa saja menyewa hosting dengan kapasitas bandwith yang besar dan kapasitas DISK yang besar agar kita benar-benar leluasa.

Sedangkan pada blogspot kita tidak perlu memikirkan hal tersebut, cukup dengan membeli domain pribadi saja, hosting sudah disediakan gratis dari pihak blogger. Tidak perlu memikirkan akan kekurangan bandwith dan kapasitas disk ketika ingin mengejar traffic yang tinggi.

Selain itu juga penginstalan wordpress agak sedikit ribet, tidak seperti blogspot yang tinggal kita pakai saja tanpa harus install engine nya segala.

Wordpress Merupakan Engine Blog Terbaik


Mengapa saya bilang demikian? Setelah anda membaca beberapa paragraph diatas tentu anda sudah mengerti, saya memandang dari segi SEO serta kemudahan dalam pemakaian. Banyak sudah para master SEO yang menyatakan bahwa engine Wordpress lebih SEO Friendly ketibang blogspot, dan itu memang benar.

Kasus jelasnya ketika saya mencoba salah satu kontes seo besar dari Astaga.com beberapa tahun yang lalu, saya menggunakan engine wordpess saat itu dan berhasil finish di posisi paling atas. Beberapa kawan yang berhasil masuk ke 10 besar atau page utama keyword kontes tersebut pun lebih banyak menggunakan engine wordpress ketibang blogspot.

Kekuatan SEO Engine Blog Tergantung Pada Anda


Selain sudah dasarnya wordpress memang seo friendly ketibang blogspot, dalam segi keuatan bersaing dalam SEO pun tergantung kepada anda, bagaimana cara anda mengoptimalkannya dan membuat blog anda mampu nangkring pada posisi teratas keyword yang anda inginkan.

Banyak trick dan tips untuk menggapai hal tersebut, mungkin beberapa waktu kedepan saya akan coba untuk membahasnya satu-persatu.

Nah itulah beberapa studi dan kasus yang saya temui ketika harus memilih memakai engine blogspot atau wordpress untuk ngeblog. Sata disini lebih suka menggunakan Wordpress walaupun tidak saya pungkiri blog ini menggunakan engine blogspot.

Pilihan tergantung anda, jika ingin memilih wordpress silahkan anda baca-baca dahulu tutorial menggunakan engine wordpress self hosting. Adakah tambahan dari kawan tentang pemilihan engine antara Blogspot VS Wordpress? Saya sangat berterima kasih. Akanglil on Belajar SEO Blogspot 2011.

Related Post



{ 3 Komentar di Artikel "Ketika Harus Memilih Blogspot VS Wordpress"}

tutorial photoshop mengatakan...

wow this article is very nice. It's a new inspiration for me. i like it. thank you my friend. Please visit my blog too.

Unknown mengatakan...

bener banget gan...
nice inpo....

Anonim mengatakan...

tooooop

Posting Komentar