Memilih Templates Terbaik Untuk Ngeblog

Dicoret Oleh SeksiHot on Minggu, 06 Maret 2011

Memilih Templates Terbaik Untuk Ngeblog. Banyak sudah artikel bertebaran di google tentang memilih templates untuk engine blog blogspot atau wordpress. Tidak semua para master sama memandang themes seperti apa yang bagus dan terbaik untuk blog kita, ada yang mementingkan segi tampilan dan ada juga yang mementingkan segi seo dan kecepatan akses blog.

Dalam hal ini ijinkan saya mencoba untuk sedikit mengulas bagaimana sih mencari themes atau template terbaik untuk blog kita? Saya akan membahas dari 2 segi yang sudah saya katakan diatas tadi, dari segi tampilan dan juga yang pastinya dari segi SEO friendly.

themes-wordpress-blogspot

Memilih Templates/Themes Blog Dari Segi Penampilan


Bagi anda-anda yang gemar tampil genit atau yang mementingkan segi penampilan blog, tidak ada salahnya anda mencoba templates atau themes dengan jenis atau model Magazine. Mengapa saya pilih magazine theme/template?

Dalam jenis tersebut anda disajikan segudang featured yang cantik dan menarik, mulai dari slide featured post yang dapat menghadirkan posting yang kita inginkan pada kolom atas blog dengan beberapa kategori yang anda pilih, dilengkapi dengan automatic thumbnail yang dapat memperindah halaman utama blog anda, dan masih banyak fasilitas lainnya.

Templates blog model ini cukup baik bahkan saya bilang terbaik untuk blog dengan konsep Toko online, dengan mudah anda dapat memajang barang dagangan anda beserta gambar barang dagangan anda.

Untuk rujukan, saya merujuk pada templates racikan Solostream.com jika anda menggunakan selfhosting wordpress, disamping fitur yang cukup lengkap, dalam segi SERP SEO untuk google juga berani saya bilang bagus.

Themes/Templates wordpress ini sudah pernah saya pakai atau saya uji coba kehandalannya. Pengkodean H1, H2, H3 dst tidak perlu diragukan lagi, karena wordpress memang terkenal baik dalam senmatic htmlnya.

Jika anda menggunakan blogspot, coba merujuk ke templates bikinan Kang Rohman di kolom-tutorial.blogspot.com. Kang rohman membuat sebuah templates magazine yang menurut saya bagus dalam penampilannya, dalam kecepatan juga cukup lumayan dan yang lebihnya dari templates garapan kang rohman yang diberi nama The Mez V2 ini, penggunaan conditional tag antara H1, H2, H3 pada judul blog dan judul post sudah di perbaiki dan menurut saya itu cukup SEO friendly.

Memilih Themes/Templates Terbaik Blog Dari Segi Kecepatan dan SEO


Kita semua tentu ingin mempunyai blog dengan kecepatan akses yang terbilang cepat, ya tujuannya agar pengunjung yang datang tidak perlu bercapek-capek menunggu loading blog kita sampai selesai. Banyak sudah themes blog terutama untuk pengguna engine blog wordpress yang disuguhkan templates yang fast loading, salah satunya seperti themes yang blog Portal Berita Indonesia Pilihan yang saya miliki.

Pada blog itu saya menggunakan Genesis Framework Themes dari StudioPress, themes tersebut cukup simple namun tidak mengesampingkan segi penampilan karena anda dapat memodifikasinya menggunakan Child Themes yang telah disediakan. Atau jika anda ingin bereksplorasi anda dapat merubahnya sendiri sesuai keinginan anda.

Themes Framework dibuat untuk para blogger yang menginginkan kecepatan, mudahnya pengeditan dan yang pasti untuk alasan SEO friendly.

Selain Genesis Framework, untuk wordpress saya juga menyarankan anda menggunakan Thesis themes, templates wordpress premium tersebut sangat ringan, mudah digunakan, dan pernah membawa saya menjuarai salah satu kontes besar garapan Astaga.com, saat itu saya menggunakan blog dengan domain seobloggerinc.org

Lantas bagaimana untuk blogspot? Saya sudah mempunyai satu rujukan templates yang cukup simple dan cepat dalam loading,anda bisa lihat templates blogspot yang saya pakai pada blog seo blogspot 2011 ini.

Saya menggunakan templates blogspot namun duplicate dari Thesis Themes nya wordpress menurut saya themes ini cukup ringan karena tidak banyak menggunakan media gambar, si pembuat templates ini banyak menggukan code CSS untuk mengatur tampilannya.

Namun sayang pada blogspot tidak bisa kita rubah seperti pada wordpress yang dapat menggunakan child themes pada themes jenis framework. Untuk anda yang mencari kesan simple bisa menggunakan themes ini, pengkodean TAG H1, H2, H3 dst nya menurut saya sudah cukup baik untuk SEO. Selain itu juga bisa menggunakan templates The Mez V2 garapan kang rohman.

Kesimpulan Dalam Memilih Templates Terbaik.


1. Perhatikan dahulu apa kepentingan blog anda, jangan sampai salah memilih.
2. Cari yang clean CSS nya, atau kode-kode nya bersih.
3. Perhatikan penggunaan TAG H1, H2, H3 pada templates tersebut.
4. Jangan memilih templates/theme yang banyak menggunakan image.
5. Pilihan ada pada selera anda.

Rujukan Download Templates/Themes


Untuk Themes Wordpress Free dan Premium

1. boygj.com (wordpress)
2. b2bteam.com (wordpress)

Untuk Templates Blogspot Free dan Premium

1. blogtemplate4u.com
2. btemplates.com

Nah mungkin itu saja beberapa trick atau tips dari saya untuk yang masih bingung dalam menggunakan templates/themes untuk blognya, silahkan anda pilih dengan bijak jangan asal-asalan, karena templates atau themes adalah salah satu penunjang pengukur keberhasilan blog anda nanti.

Jika ada yang ingin menambahkan tentang memilih templates terbaik untuk ngeblog saya sangat berterima kasih. KangLil on Belajar SEO Blogspot 2011

Related Post



{ 0 Komentar di Artikel "Memilih Templates Terbaik Untuk Ngeblog"}

Posting Komentar