Belajar Penempatan Keyword Pada Blog

Dicoret Oleh SeksiHot on Senin, 11 April 2011

Belajar Penempatan Keyword Pada Blog. Menempatkan sebuah kata kunci yang kita incar pada blog tentu sangat penting untuk meraih posisi yang bagus pada pencarian yang kita maksud. Banyak blogger yang tidak memahami hal ini, termasuk saya terkadang suka lupa untuk menempatkan keyword yang dituju pada blog-blog saya.

Namun hanya sebagian saja, jika memang saya sedang mengincar sebuah keyword abadi so pasti penempatan keyword sangat saya perhatikan.

Oke sudah dulu curhatnya kita masuk ke tutorialnya penempatan keyword pada blog saja langsung. Ada banyak cara untuk menempatkan keyword yang bagus pada blog untuk lebih jelasnya daripada bertele-tele dan menghabiskan banyak waktu lebih baik perhatikan saja beberapa point penting untuk menempatkan keyword pada blog anda.

1. Penempatan Keyword Pada Domain Blog

Point pertama ini terbilang penting untuk menambah banyaknya keyword agar blog kita bagus dalam pencarian. Namun hal ini seringkali dilupakan oleh para blogger, tidak diperhatikan seberapa penting penempatan keyword pada domain blog.

Seringkali kita menamai domain blog dengan nama pribadi, hal itu tidaklah salah. Sah-sah saja jika anda menaruh nama anda pada domain blog anda, namun dalam segi SEO hal itu mengurangi point blog kita pada pencarian.

Contoh kasus misal pada keyword pencarian "Portal Berita", saya sukses membawa blog utama saya pada halaman satu pencarian keyword tersebut. Namun tidak dalam posisi yang bagus, faktor kesalahan saya terdapat pada nama domain yang saya terapkan pada blog tersebut.

Jika saja saya menggunakan domain dengan nama berita.com atau yang lainnya namun tetap ada hubungannya dengan keyword yang kita incar, bisa saja blog tersebut meraih posisi 3 besar.

Intinya ada baiknya anda menempatkan keyword yang anda bidik pada domain blog anda, semisal keyword yang anda incar adalah belajar seo, bisa saja anda tempatkan seperti blog saya ini kanglil-belajarseo.blogspot.com. Saya tetap menempatkan keyword setelah nama saya, hal ini cukup membantu posisi blog ini dihasil pencarian yang saya incar.

2. Menempatkan Keyword Pada Judul Blog

Point kedua ini pun sering dilupakan oleh para blogger, entah benar lupa atau memang tidak memahami point penting ini. Judul blog merupakan point yang sangat penting untuk menggambarkan apa isi dari blog kita.

Tak jarang banyak para blogger yang memberi judul blog tidak ada hubungannya dengan keyword yang di incar. Hal ini mengurangi point blog dalam pencarian keyword yang kita tuju, bisa saja masuk pada halaman utama namun dalam posisi belum tentu bagus.

Jadi usahakan tempatkan keyword yang di incar pada judul blog anda, misal isi blog anda tentang pesta ulang tahun, nah bisa saja anda memberikan judul blog anda dengan keyword Meriahkan Pesta Ulang Tahun Bersama GarudaFood namun harus anda perhatikan juga setelah menempatkan keyword pada judul blog itu. Isi dalam blog anda harus sesuai dengan judul blog.

Jangan sampai judul tentang pesta ulang tahun malah berisi tentang berita terkini indonesia.

3. Penempatan Keyword Pada Tag H1

Kode Tag pada blog dirancang secara berurutan mulai dari 1 sampai dengan sekian, namun biasanya mulai dari 1 sampai 6. Karena angka dimulai dari 1 dan juga robot search engine mulai mengindeks dari angka 1, maka sangat disarankan anda menempatkan keyword pada tag H1.

Anda tidak perlu bingung mencari Tag H1 ada dimana, anda hanya tinggal menempatkan keyword pada judul blog anda saja. Semua templates atau themes yang dibuat baik untuk blogspot, wordpress dan yang lainnya sudah biasa menempatkan kode Tag H1 untuk judul blog.

4. Tempatkan Keyword Pada Deskripsi Blog

Deskripsi merupakan potongan kalimat sebanyak 160 karakter yang berguna untuk menggambarkan secara ringkas namun padat apa isi blog anda. Usahakan sekali anda memberikan keyword yang incar pada deskripsi blog anda, misal blog tentang belajar seo. Anda tempatkan kata belajar seo pada deskripsi blog, selain penggunaan kata kunci penuh anda bisa juga menggunakan variasi permainan keyword.

5. Penempatan Keyword Pada Halaman Utama Blog

Penempatan keyword pada halaman utama ini bermaksud untuk menambah intensitas penggunaan keyword untuk blog anda. Ada beberapa cari yang biasa saya gunakan dalam menempatkan keyword dalam halaman utama diantaranya.

a. Keyword pada judul blog seperti yang sudah saya jelaskan diatas
b. Keyword pada judul widget, misal saja anda ganti judul Recent Posts menjadi keyword anda plus Recent Posts atau seperti "Recent Posts Belajar SEO".
c. Tempatkan keyword pada artikel blog, pada setiap judul artikel boleh anda sematkan kata kunci yang anda incar, namun jangan menggunakan metode monoton, variasikan kata kunci dengan baik.
d. Tempatkan keyword yang anda incar pada footer blog anda dengan link mengarah kepada url blog anda.

Yap demikian hal yang sering saya perhatikan dalam penempatan keyword untuk blog, silahkan anda pelajari dan anda praktekan sendiri lebih jauh untuk mengetahui hasil pastinya. Jangan sungkan untuk memberikan masukan atau koreksi pada artikel menempatkan keyword pada blog.

Nb : Ada baiknya bagi anda yang baru saja memulai membuat blog untuk melihat artikel saya yang berujudul : Riset Keyword Untuk Blog agar anda mudah dalam mendapatkan keyword untuk blog anda.

Related Post



{ 0 Komentar di Artikel "Belajar Penempatan Keyword Pada Blog"}

Posting Komentar